Wednesday 8 January 2014

Bill Turner "tokoh dibalik pickup gitar Fender"

BILL TURNER

 




Sang pencipta pickup Gitar Fender

Proyek pertama saya setelah bergabung pada "R & D GUITAR" adalah untuk mendalami  pickup yang kami buat. saya ingin memastikan pickup - pickup itu  terutama di instrumen Vintage Series seotentik mungkin. Setiap komponen berpengaruh pada sound tiap instrumen, kecuali pickups yang menyalurkan sound ke ampli. Untuk beberapa hal ini adalah jantung dan jiwa dari sebuah gitar. Saya membayangkannya sebagai sebuah bunyi / sound. Kupikir Leo Fender juga melakukan hal yang sama. Bunyi yang dihasilkan melalui pickups pada awalnya menunjukkan ciri dari gitar listrik dan bass.

Tidak ada komponen gitar lainnya yang lebih diselimuti misteri dan voodoo daripada sebuah pickups. Tetapi beberapa pickup fender pada awalnya bukanlah hasil dari ilmu hitam. Pickup-pickup itu adalah hasil dari ilmu elektronik, ilmu fisika dan matematika, keduanya langsung berasal dari para musisi itu sendiri. Itulah yang Leo Fender lakukan, dan itulah yang kami lakukan sekarang.

Saya memulai dengan pickup Stratocaster tahun '57 / '62. Pickups ini sudah memiliki sound yang bagus, tapi perlu diingat, tujuanku adalah ke-otentikannya. Kami membutuhkan pickup untuk diduplikasi dan untungnya kami memiliki satu set pickup stratocaster asli 1963 untuk diteliti. Melalui tes, pickups ini terbukti menjadi yang terbaik, keseimbangan yang bagus dan terdengar sangat hidup. Saya melakukan tes, dan mencocokkan setiap parameter. Untuk menemukan rahasia sound pickup tersebut, perlu untuk mengorbankan salah satu pickup untuk kepentingan seni dan ilmu. Karena ternyata, kami menemukan bahwa Alnico 5 magnet yang
dibuat di akhir tahun '50 hingga pertengahan '60, dibuat menggunakan proses yang berbeda. Ini  menggunakan bahan  magnet yang berbeda, dan pada akhirnya mengubah karakter soundnya. Tapi untungnya, pickup tersebut masih memiliki beberapa material magnet aslinya. Kami menganalisa pickup tersebut, mengujinya dengan beberapa prototipe, dan pickup tersebut bersuara sangat bagus.Tetapi tetap saja terasa ada yang hilang.

Dengan banyaknya rintangan tersebut, pada akhirnya saya lebih fokus pada gulungan kabel magnet.Kami kurang beruntung dengan penelitian magnetnya. Teknik modern dalam pembuatan kabel tidak mengikuti  cara-cara pembuatan kabel seperti  yang ada di tahun 1950 - 1960.Namun kami mampu mengidentifikasi  faktor-faktor kritis yang membuat kawat itu menjadi unik.Kami bekerja sama dengan produsen, melakukan pengujian dan banyak perubahan pada spesifikasi kawat dan akhirnya, kami memperoleh satu hal paling penting.


 
Dengan magnet yang tepat dan kabel yang cocok,  aku tahu persis apa yang aku butuhkan untuk menciptakan beberapa "Holy Grail Strat pickup".

 Pickup Vintage '57/ '62 kami yang baru adalah hasil dari penelitian yang melelahkan. Itu adalah project  saya yang pertama. 







 

Apakah anda sudah pernah mencoba pickup Vintage kami yang tanpa nois (noisless) ?.
Sudah pernah mencoba pickup Hambucker kami?. Dan sudah ada banyak hasil dan upaya untuk
menghasilkan setap pickup yang kami produksi.


Kami berharap anda akan senang bermain menggunakan pickup kami.


(Bill Turner bergabung pada team R & D Guitar Fender pada tahun 1995, setelah 14 tahun
sebagai co-founder dan chief designer dari EMG pickup, dan 5 tahun sebagai pendiri dari
LSR (Linear String Research).


(Sumber : Fender Frontline 2002)


<span style="display:none">IBX5A6CA1BD3E819</span>
IBX5A6CA1BD3E819

No comments:

Post a Comment