Tuesday 7 January 2014

Pengaruh Kayu Pada Sound Gitar

SEBERAPA BESARKAH PENGARUH JENIS KAYU PADA SOUND GITAR ?

 

Mungkin pertanyaan diatas sudah sering kita dengar, jika anda benar-benar tertarik pada gitar atau minimal suka pada gitar. Seberapa besar pengaruhnya jenis kayu dan mutu sound yang dihasilkan ? 

Sebuah gitar (baik yang elektrik maupun akustik) ...90%  terbuat dari kayu. Lalu kayu apa saja yang baik digunakan untuk membuat gitar ?

Ada beberapa jenis kayu yang lazin dipakai para Luthier di seluruh dunia untuk menghasilkan sebuah karya seni instrumen musik yang bernama gitar.




01. Kayu Oak. Kayu oak ini sebenarnya "biasa-biasa" saja untuk body gitar meskipun masih sering dipakai. Sustainnya kurang oke dan soundnya berkarakter "kasar"














02. Kayu Alder. Kayu alder memiliki karakter sound yang 'warm' dan banyak dipakai untuk jenis gitar vintage. Fender banyak memakai kayu ini untuk produksi gitarnya. Namun kayu ini kurang baik digunakan untuk neck gitar, karena tidak cukup kuat untuk menahan tarikan dawai.












03. Kayu Basswood. Kayu ini memiliki karakter yang 'warm'. Untuk body gitar, kayu ini memerlukan perlakuan yang agak manja..karena kayu ini tidak memiliki tingkat kekerasan yang baik. 











04. Kayu Ash. Kayu ash meiliki karakter sound yang 'bright' dan 'punch' pada nada-nada bass. Warna kayu cenderung terang, dan sering dipakai untuk body gitar bass. 









05. Kayu Poplar. Kayu ini ringan dan bercorak lembut.Karakter sounnya mirip basswood dan alder. Warna mirip alder namun lebih terang.















06. Kayu Maple. Kayu ini banyak dipakai untuk lapisan atas body gitar dikarenakan memiliki corak kayu yang sangat indah. Soundnya tebal. Dalam pengecatan, seringkali menggunakan warna yang transparan, agar corak keindahannya terlihat mencolok. Coba perhatikan gitar Gibson Les Paul Sunburst dengan corak flame maple seperti yang dimiliki Slash. 









07. Kayu Mahogany (Mahoni). Kayu ini sangat populer dikalangan para Luthier. Karena memiliki kekerasan yang baik dan warnanya agak kemerahan. Soundnya 'bright', sustainnya baik dan attack yang kuat.









08. Kayu Rosewood (sonokeling). Nah kayu yang satu ini memang banyak dipakai untuk body gitar pada gitar akustik karena corak dan warnanya yang hitam agak keunguan. Berbanggalah kita di Indonesia karena kayu rosewood / sonokeling Indonesia termasuk yang terindah di dunia. Seringkali dipakai juga untuk fingerboard.




09. Kayu Ebony. Kayu ini meiliki kekerasan yang bagus dan warna  hitam yang indah. Sustainya bagus. Beberapa luthier memakai kayu ini untuk membuat gitar yang memang berwarna hitam namun tetap menampakkan corak kayunya. Tapi ada sebagian gitaris yang enggan menggunakan kayu ini untuk fingerboard karena "kekerasan kayunya' bisa menyulitkan saat ingin mengganti fret.



Ada banyak jenis kayu lagi yang dapat dipakai untuk body gitar seperti kayu nangka, kayu mangga, kayu pinus dll. Tapi kayu-kayu yang disebutkan diatas adalah yang paling sering dipakai oleh Luthier dunia. 

 Anda suka yang mana ? 
Nah..dari uraian diatas, kita tahu bahwa jenis kayu sangat berpengaruh pada kualitas sound yang dihasilkan sebuah gitar. Tapi tahukah anda bahwa yang paling - paling - paling menentukan keindahan sebuah sound sebuah gitar adalah gaya permainan anda sendiri. Tak perduli seberapa bagusnya kayu yang dipakai atau seberapa hebatnya sound system yang digunakan, tetap saja gaya permainan gitar andalah yang paling menentukan.

Oke bro....Thx.

 

3 comments:

  1. Salam kenal semua, bagi penggemar gitar yg ingin mengasah permainan gitar secara lengkap & mengunduh materi utk pemula, blues, jazz silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Di kebon nenek istriku tumbuh 3 pohon sonokeling cukup besar, gimana mas handlingnya jika disiapka untuk bahan gitar acustik? Custom dengan bawa bahan sendiri brapa ya biayanya?

    ReplyDelete
  3. ok,saya suka penjelasanya mas!!

    ReplyDelete