Wednesday 8 January 2014

Perlukah Bass dengan 6 atau 5 string ?


Memakai Bass dengan 6 atau 5 string?




Bass 4 string (G-D-A-E)
Umumnya kita mengenal bass dengan 4 string, dan ini sudah cukup memadai dalam mengisi kemposisi sebuah lagu, baik sebagai “rythem” maupun untuk improvisasi (solo). Dari frekuensi low-nya juga sudah memadai untuk memblocking aransemen serta frekuensi Hi – nya yang sudah sudah terpisah dengan dengan frekuansi Hi dari instrument lainnya. Dengan amplifier, efek bass ataupun speaker yang digunakan, ukuran senar juga berpengaruh dalam menghasilkan karakter sound bass. Ada beberapa jenis music yang justru menurunkan tuning menjadi ½ bahkan sampai 1½ untuk mencapai sound lebih rendah. Tuning seperti ini juga banyak digunakan bila pemain bass banyak bermain sebagai rythem section / pengiring.
Diluar kecanggihan teknologi dan jika dilihat kebutuhan, bass 4 string sudah dapat dipakai untuk bermain musik. Dengan setting sound sedemikian rupa, kita sanggup mendapatkan karakter atau sound seperti yang diharapkan. Jumlah senar bukanlah factor penyebab susahnya mendapatkan sound yang diharapkan, jumlah senar lebih pada kebutuhan akan not-not yang kita inginkan dalam membuat musik.



Bass 5 string (G-D-A-E-B)
Urutan tuning dari bawah keatas adalah G-D-A-E dan ditambah senar ke 5 menjadi B. Bass dengan 5 string ini pertama kali dikenal pada era 80-an. Saat itu sudah banyak pemain bass yang mulai menggunakannya. Dalam perkembangan musik yang semakin beragam, fungsi bass sebagai rhytem section juga mengalami perkembangan. Senar ke 5 (B) paling banyak digunakan untuk mendapatkan nada low (terutama pada not-not D,C,B). Sedangkan untuk penyesuaian ampli, tergantung seberapa sering senar no 5 ini dimainkan. Terutama kita perhatikan setting pada EQ. Jangan sampai sound senar ke 5 menjadi terlalu low, ini akan berakibat sound hanya akan terdengan bergaung (mendengung) dan not jadi kurang jelas terdengar.
Untuk out door, settingannya sedikit berbeda dengan in door. Begitu juga saat recording pada EQ. Sedangkan untuk setting bass, middle dan trible yaitu :
  Bass arah jam 11
  Middle arah jam 12
  Trible arah jam 12 s/d 1 (untuk mendapatkan sound attack-nya)

Perkiraan settingan dengan EQ untuk out door, trible sedikit di atas low dan middle kira-kira 2 titik dibawah garis tengan. Dan untuk in door, perubahannya hanya pada middle (sedikit dinaikkan 2 – 3 titik).
Banyak alasan mengapa pemain bass 4 string beralih ke 5 string. Salah satunya adalah bila menggunaka  senar ke 4 untuk mendapatkan sound low, tuning harus diturunkan ½ atau 1 (Eb atau D), hal ini menyebabkan senar lebih lentur dan mereka merasa kurang nyaman. Atau ada yang beranggapan bahwa dengan menggunakan 5 senar di atas panggung penampilan akan lebih garang. Tetapi apapun alasannya, lebih karena mereka membutuhkan sound low-nya.



Bass 6 string (C-G-D-A-E-B)
Bass bersenar 6 ini sekarang sudah menjadi hal yang umum. Pemain bass menggunakan 6 string, biasanya adalah pemain bass yang butuh mengeksplorasi permainan lebih lebar lagi ke not-not yang lebih luas. Otomatis  semakin banyak jumlah senar maupun fretnya, maka semakin banyak jumlah not yang dihasilkan. Terkadang pemain bass pada awalnya hanya ingin memiliki 6 senar saja, dapat berubah dalam ide ataupun aransemen begitu melihat kemungkinan yang tersedia pada bass 6 string. Ini lumrah jika terjadi pada kita, karena pemain bass yang menggunaka 6 string jangkauan berimprovisasinya akan lebih luas. Ada beberapa yang terbatas di 4 string dan dia lebih ‘cerewet’ ketikan bertemu 6 string dalam bermain.
Penambahan 6 string ada pada senar pertama, dimana bila tadinya senar ke 1 adalah G, maka G pada 6 string berpindah menjadi senar ke 2. Dan senar pertama adalah C’ (C perfect octave). Otomatis neck juga menjadi lebih lebar dibanding 5 senar dan jarak antar senar dapat menjadi lebih rapat sedikit.
Pemain bass yang suka berimprovisasi (fingering) banyak memilih 6 string untuk melebarkan jangkauan not-not yang dimainkan, walaupun ada juga pemain bass yang memilih 6 string untuk menunjang penampilan di atas panggung. Karena bentuk 6 string tentunya lebih atraktif disbanding 4 string ataupun 5 string.
Untuk setting EQ sedikit rumit, karena pada 6 string terdapat low B (senar ke 6) dan C’ (senar ke 1) yang lumayan berbeda frekuensinya. Jika terlalu low pada saat senar 1 dipetik jadi terdengar pelan, dan jika terlalu Hi pada senar 1, notnya kurang begitu jelas, yang terdengar hanya efek fingering pada senar. Apalagi jika senar 1 menggunakan senar yang berukuran kecil misalnya 0,20 atau 0,25. Hati hati agar frekuensi Hi tidak menabrak frekuensi gitar atau keyboard. Sering terjadi pada saat bermain di senar 1 dan 2, fret 12 – 24 frekuensi menyatu dengan frejuansi instrument lain, not yang terdengan menjadi kurang jelas, kecuali pada saat berimprovisasi, volume instrument lain harus lebih pelan.
Untuk setting :
  Bass arah jam 11
  Middle arah jam 10
  Trible arah jam 10 – 11

Knob pada bass gitar ditengah-tengah, sekedar untuk frekuensi. Kemungkina pemilihan instrument 4, 5 atau 6 string lebih mengacu pada kebutuhan kita terhadap not-nya, kemudian barulah sound-nya. Jangan terbalik agar kita fokus pada saat setting sound, dan tetap fokus pada aransemen. Untuk ampli, semua ampli cocok untuk bass 6 string, tinggal men-setting ampli tersebut. Dan bila kita memainkan bass dengan menggunakan pick, sound-nya lebih bright.
Jadi, semakin banyak jumlah senar, maka semakin lebar neck-nya. Ini juga akan mempengaruhi posisi jari kita dalam bermain, jadi perlu adanya adaptasi dulu sebelum menentukan pilihan. Yang jelas,selama permainan bass kita semakin baik, sah –sah saja menggunakan bass 6 string.




Oke bro…..selamat mencoba.

(Sumber:  Audiopro edisi 11, November 2003)


3 comments:

  1. Akur, yang paling utama tentunya pemakaian 4,5 atau 6 string di sesuaikan kebutuhan aransemen musicnya, untuk penjelajahan not not tinggi atau rendahnya juga termasuk bidang kemampuan atau skill musisi masing masing

    ReplyDelete
  2. gan, ukuran senar untuk gitar bass yangb cocok buat drop F# berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lengkapnya bisa kunjungi : https://www.guitarsquartz.net/2018/04/berbagai-jenis-ukuran-senar-bass-untuk.html

      Delete